Whatsapp Download for PC

Aplikasi Whatsapp memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan dunia. Tak heran kalau Whatsapp menjadi yang nomor satu di Playstore. Ternyata, Whatsapp tidak hanya tersedia di mobile, tapi ada juga Whatsapp download for PC.

WA untuk desktop platform bukanlah hal yang baru. Sebelum meluncurkan aplikasi khusus, Meta atau Facebook pada saat itu juga sudah memiliki Whatsapp Web. Dengan layanan tersebut, kamu bisa menggunakan Whatsapp menggunakan PC melalui browser.

Supaya lebih stabil dan mudah digunakan, Meta atau Facebook meluncurkan aplikasi Whatsapp for PC. Seperti apakah aplikasi ini? Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Whatsapp Download for PC

Mengenal Whatsapp Download for PC

Whatsapp for PC atau biasa dikenal dengan Whatsapp Desktop merupakan aplikasi Whatsapp yang memang dirancang untuk desktop platform. Aplikasi ini tersedia untuk Windows 32 dan 64 bit serta MacOS.

Aplikasi Whatsapp for PC dirilis ke publik sama sekali pada 10 Mei 2016. Untuk bisa menggunakan aplikasi yang satu ini, minimal kamu harus menggunakan Windows 8, baik untuk 32 bit maupun 64 bit. Sama seperti versi mobile, Whatsapp for PC juga bisa kamu download secara gratis.

Dari segi fitur, Whatsapp for PC juga terbilang cukup lengkap. Terlebih saat ini sudah 2022, artinya sudah 6 tahun sejak aplikasi ini dirilis untuk pertama kalinya ke publik. Artinya, Meta atau Facebook sudah banyak melakukan update. Fitur-fiturnya juga selalu bertambah dari hari ke hari.

Sampai saat artikel ini ditulis, Whatsapp Desktop sudah mencapai versi 2.2202.12 yang dirilis pada 8 Februari 2022 lalu.

Fitur-fitur Whatsapp for PC

Berikut ini adalah 6 fitur paling utama yang dimiliki oleh aplikasi Whatsapp for PC atau Whatsapp Desktop.

1. Tidak Perlu Terhubung dengan HP

Tidak Perlu Terhubung dengan HP

Meta sudah mengembangkan fitur yang sangat memudahkan para pengguna Whatsapp for PC. Sekarang kamu cuma perlu terhubung dengan HP saat pertama kali login ke Whatsapp Desktop.

Selanjutnya, kamu tidak harus selalu terhubung dengan HP saat menggunakan WA Desktop. Meskipun HP kamu mati atau tidak ada koneksi internet, WA Desktop masih dapat digunakan dengan lancar.

2. Mengirim dan Membalas Pesan

Mengirim dan Membalas Pesan

Fitur berikutnya yang sangat penting untuk pengguna Whatsapp adalah mengirim dan membalas pesan. Inilah fitur utama yang ditawarkan oleh Whatsapp Download for PC. Fitur ini membantu kamu untuk tidak sering-sering membuka HP saat tengah fokus bekerja di laptop atau PC.

Ingin chat? Langsung saja pilih nama orang yang menjadi tujuan, lalu ketik pesan dan kirimkan kepadanya.

3. Pesan Multimedia

Pesan Multimedia

Kamu bisa mengirimkan banyak file melalui Whatsapp Desktop. Contohnya antara lain foto, video, audio, dokumen, bahkan beberapa file lainnya. Ini sangat memudahkan kamu ketika bekerja. Semua file yang dikirimkan melalui Whatsapp bisa didownload langsung ke PC.

Selain itu, fitur ini juga memudahkan kamu untuk mengirimkan file-file yang ada di PC tanpa harus memindahkannya ke HP terlebih dahulu.

4. Rekam dan Kirim Voice Note

Rekam dan Kirim Voice Note

Tak cuma bisa kirim pesan berbentuk teks, kamu juga bisa mengirim pesan suara atau voice. Cara menggunakannya sama seperti di HP. Fitur ini cocok banget untuk kamu yang malas mengetik.

5. Voice dan Video Call

Voice dan Video Call

Berbahagialah bagi pengguna Windows 10 ke atas karena sudah bisa menelepon melalui Whatsapp for PC. Fitur ini bisa kamu pakai untuk voice dan video call. Cara menggunakannya juga sama saja seperti di HP. Tinggal pilih orang yang mau ditelepon dan klik saja tombolnya.

Saat ada panggilan masuk, kamu akan mendapatkan notifikasi dan bisa menjawabnya langsung di PC. Sangat praktis.

Baca juga: Anonymous Chat WhatsApp

Perbedaan Whatsapp for PC dan Whatsapp Web

Meski sama-sama dibuat untuk desktop platform, Whatsapp for PC dan Whatsapp Web memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Berikut adalah 3 hal yang membedakan di antara keduanya.

1. Desain atau User Interface

Desain atau User Interface

Jika kamu lihat sekilas, mungkin akan sulit membedakan antara Whatsapp Web dengan Whatsapp for PC. Pasalnya, keduanya memiliki tata letak serta bentuk ikon yang sama. Bahkan fitur-fiturnya juga sangat mirip.

Ternyata perbedaannya terletak pada sinkronisasi antara tampilan dengan keyboard. Penggunaan keyboard di Whatsapp Web memang lebih terbatas. Sementara di Whatsapp for PC, kamu bisa memaksimalkan fungsi keyboard.

Ada banyak sekali shortcut yang disediakan oleh Whatsapp. Kamu bisa menggunakan kombinasi tombol untuk memilih menu atau melakukan aksi dengan lebih efektif dan cepat.

2. Kemudahan

Kemudahan

Perbedaan berikutnya terletak pada kemudahan penggunaan. Whatsapp for PC mengharuskan kamu untuk menginstall aplikasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sedangkan Whatsapp Web tidak.

Meski terkesan lebih repot di awalnya, Whatsapp for PC ternyata jauh lebih memudahkan pengguna. Kamu hanya perlu satu langkah untuk membuka Whatsapp, yaitu mengeklik ikon aplikasinya. Berbeda dengan Whatsapp Web yang mengharuskan kamu membuka browser lebih dulu baru buka WA Web.

Belum lagi kalau kamu baru saja menghapus history dan cache pada browser, biasanya Whatsapp Web juga akan otomatis log out. Dengan begitu, kamu harus login lagi. Repot, ya?

3. Konsumsi Memori

Konsumsi Memori

Fakta berikutnya mungkin akan membuat kamu lebih memilih Whatsapp Download for PC ketimbang Whatsapp Web. Pasalnya, Whatsapp for PC ternyata mengonsumsi memori lebih sedikit dibandingkan Whatsapp Web.

Jadi, beban kerja PC juga akan lebih ringan kalau kamu menggunakan Whatsapp Desktop atau Whatsapp for PC. Memori yang tersisa bisa dialokasikan untuk memproses aplikasi yang lain atau memperlancar multitasking.

Link Whatsapp Download for PC

Link Whatsapp Download for PC

Aplikasi Whatsapp for PC disediakan secara gratis di situs resminya. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis. Ukuran filenya juga tidak begitu besar, kira-kira hanya 100 MB. Berikut ini adalah link downloadnya.

www.whatsapp.com/download

Setelah mengeklik link di atas, kamu akan langsung diarahkan ke halaman download Whatsapp Desktop. Di sana akan terlihat tombol download yang sesuai dengan perangkat kamu. Langsung saja klik link tersebut.

Selanjutnya, aplikasi Whatsapp Desktop akan didownload secara otomatis dan tersimpan di storage PC kamu. Apabila download sudah selesai, kamu bisa langsung memulai proses instalasi. Tutorialnya akan disampaikan secara terpisah pada penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp

Cara Install Whatsapp Download for PC

Cara Install Whatsapp Download for PC

Setelah kamu berhasil mendapatkan file installer dari link di atas, sekarang adalah waktunya untuk menginstall. Yuk, ikuti tutorial di bawah ini supaya kamu nggak bingung saat praktiknya nanti.

1. Windows

  • Buka Explorer untuk menemukan file exe yang susah didownload tadi.
  • Double click untuk membukanya.
  • Klik Yes saat muncul dialog box.
  • Lanjutkan proses install dengan klik Next dan biarkan proses install selesai.
  • Klik Finish jika prosesnya selesai.

2. MacOS

  • Buka folder Downloads lalu double click pada file Whatsapp.
  • Kemudian drag and drop ikon Whatsapp ke folder Applications.
  • Tutup jendela Whatsapp Installer.
  • Buka folder Applications dan double click lagi pada ikon Whatsapp.
  • Klik Open untuk membuka aplikasinya.

Setelah membaca seluruh penjelasan lengkap mengenai Whatsapp Download for PC di atas, tentu sudah ada banyak informasi yang kamu dapatkan. Sekarang kamu tidak perlu lagi untuk menginstall Whatsapp Desktop atau Whatsapp for PC.

Leave a Comment