Tips Menambah Followers TikTok

TikTok adalah salah satu sosial media hits yang digemari berbagai kalangan. Selain menjadi media hiburan, TikTok juga dimanfaatkan sebagai ladang mencari cuan. Namun, kamu baru bisa dapat uang setelah memiliki banyak pengikut. Wajar jika tips menambah followers TikTok sangat diburu.

Jumlah followers memiliki peran besar dalam mendongkrak popularitas seorang TikTokers. Semakin banyak pengikut kamu, semakin besar pula pundi-pundi rupiah yang bisa dihasilkan. Sebab kamu akan mendapatkan lebih banyak endorse maupun tawaran video kolaborasi berbayar lain.

Tidak mengherankan apabila kemudian banyak orang merasa tertarik untuk menjadi selebritis TikTok. Pasalnya, selain bisa menyalurkan hobi dan bakat terpendam, kamu juga memiliki peluang besar untuk menjadi terkenal dan berpenghasilan besar. Tentunya setelah sukses melakukan self branding.

12 Tips Menambah Followers TikTok Secara Gratis

Bingung karena sudah rajin upload konten video di TikTok, tapi jumlah followers tidak mengalami kenaikan? Jangan sedih, coba beberapa tips ampuh menambah followers gratis di bawah ini:

1. Buatlah Video Semenarik Mungkin

Buatlah Video Semenarik Mungkin

Setiap pengguna TikTok memiliki kebebasan untuk membuat dan membagikan video apa saja yang sesuai dengan minat dan passion, mulai dari kehidupan sehari-hari, tips, dan sebagainya. Namun, harus diingat, bahwa sebaiknya buatlah konten yang terkonsep.

Selain itu, kamu juga dapat menciptakan karya yang bermuatan menghibur atau bermanfaat bagi penonton. Apalagi, kalau kamu sudah menentukan target penonton. Jangan lupa, tambahkan juga backsound yang sesuai tema video agar tampak lebih menarik dilihat.

2. Menggunakan Tagar / Hastag

Menggunakan Tagar Hastag

Pada setiap konten video yang diunggah ke platform TikTok, usahakan kamu juga menambahkan hastag. Kamu belum begitu paham mengenai hastag? Jadi, hastag atau tagar adalah kode atau tanda pencarian dari video yang telah di upload dan memiliki nama.

Meskipun kedengaran sepele, namun penggunaan tagar dalam caption TikTok kamu memiliki peran cukup penting. Terlebih lagi, jika konten yang kamu bagikan memang sedang trending. Supaya kinerjanya lebih maksimal, kamu bisa memberikan lebih dari satu hastag di video.

3. Berkolaborasi atau Duet dengan TikTokers Lain

Berkolaborasi atau Duet dengan TikTokers Lain

Selain dapat memperluas pertemanan, berkolaborasi dengan pengguna TikTok lain yang memiliki ketertarikan sama juga berpotensi mendatangkan followers secara natural. Dalam hal ini, kamu tidak perlu duet dengan TikTokers famous yang memiliki pengikut jutaan.

Setelah proses pembuatan video selesai, jangan lupa melakukan timeline terlebih dahulu sebelum mengunggah konten tersebut. Timeline (notifikasi) berfungsi membuat followers menjadi semakin penasaran, dan bukan tidak mungkin akan membanjiri akun kamu.

4. Mengikuti Akun TikTokers Lain

Mengikuti Akun TikTokers Lain

Di ranah sosial media, mengikuti (follow) akun orang yang mengikuti kamu atau sebaliknya disebut sebagai mutual. Dengan kata lain, kedua belah pihak akan merasa diuntungkan. Oleh sebab itulah, tidak ada salahnya kalau kamu juga follow akun para TikTokers yang lain.

Sebagai interaksi, maka bisa mulai memberikan komentar positif supaya akun yang diikuti juga mengetahui kehadiran kamu. Apabila comment kamu dianggap memiliki daya tarik, maka bukan tidak mungkin kalau orang lain yang membaca tertarik mengunjungi kamu.

5. Hubungkan Akun TikTok dengan Sosial Media Lainnya

Hubungkan Akun TikTok dengan Sosial Media Lainnya

Kalau kamu termasuk salah seorang pengguna aktif sosial media, maka disarankan untuk menghubungkan akun TikTok milikmu dengan akun sosmed yang lain, seperti Meta aka Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, dan lain sebagainya.

6. Rajin Promosi di Sosial Media

Rajin Promosi di Sosial Media

Tips menambah followers TikTok secara gratis lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah dengan rajin melakukan promosi di berbagai akun sosial media. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memposting konten video yang telah di upload di TikTok.

Saat teman sosial media kamu menontonnya dan mereka merasa kalau video kamu menarik, maka besar potensi kalau mereka juga akan berkunjung ke akun TikTok kamu. Oleh karena itulah, sangat penting bagi TikTokers untuk bisa menyajikan video semenarik mungkin.

7. Membuat Tren

Membuat Tren

Kalau merasa cukup confident aka percaya diri, maka tidak ada salahnya jika kamu membuat tren sendiri. Pada awalnya, hal ini pasti akan terasa sulit. Terlebih lagi, apabila kamu merupakan pengguna TikTok baru dan memiliki jumlah followers yang sangat sedikit.

Tips ini sebenarnya lebih direkomendasikan untuk TikTokers berkembang atau telah memiliki basis pengikut yang cukup banyak, setidaknya mempunyai lebih dari seribu followers.

8. Mengetahui Target Audiens

Mengetahui Target Audiens

Sebelum kamu mulai record atau membuat konten video, pastikan kalau sudah mengetahui target audiens (penonton) yang ingin dijangkau. Contohnya adalah, kalau kamu ingin membagikan konten seputar masak-memasak, maka audiensnya orang yang hobi masak.

Dengan mengetahui target penonton, maka akan lebih mudah bagi kamu dalam menentukan tema konten seperti apa yang ingin dibuat. Sebab bagaimanapun, jika ingin famous di sosial media, termasuk TikTok. Kamu harus belajar untuk konsisten perihal konsep yang disajikan.

Baca juga: Apa Itu FYP TikTok

9. Up to Date / Mengikuti Tren

Up to Date Mengikuti Tren

Di sosial media TikTok, umumnya ada saja tren terbaru dan terviral untuk ditiru. Kamu bisa memanfaatkan popularitas atau tren tersebut untuk menambah followers secara gratis. Beberapa tren yang biasa ditemukan antara lain adalah, dance, challenge, dan banyak lagi.

Untuk mengundang followers supaya mengunjungi profil kamu, maka ada triknya. Salah satunya adalah menggunakan hastag tren tersebut. Karena pastinya akan banyak TikTokers lain yang tertarik untuk mengetahui perkembangan suatu tren melalui hastag.

10. Upload Konten Video pada Prime Time (Jam Ramai)

Upload Konten Video pada Prime Time (Jam Ramai)

Salah satu trik untuk menambah pengikut lain adalah dengan mengunggah konten video ke platform TikTok pada jam-jam ramai (saat pengguna TikTok paling aktif). Berdasarkan situs Influencer Marketing Hub, prime time di TikTok antara lain adalah sebagai berikut:

  • 00 WIB – 13.00 WIB : Siang hari
  • 00 WIB – 17.00 WIB : Sore hari
  • 00 WIB – 23.00 WIB : Malam hari

11. Menuliskan Caption Menarik

Menuliskan Caption Menarik

Pada November 2021 lalu, pihak TikTok telah meningkatkan jumlah karakter untuk caption dari 100 menjadi 300. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menuliskan caption semenarik mungkin. Namun, usahakan kalau isi caption matching atau sesuai dengan isi konten video.

Sebelum menonton sebuah video, umumnya target audiens akan membaca caption yang disertakan di bagian bawah konten terlebih dahulu. Jadi, kalau caption kamu memang benar-benar menjual, maka besar kemungkinan video kamu lebih menarik untuk ditonton.

Baca juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark Online

12. Menggunakan Aplikasi / Software Berbayar

Menggunakan Aplikasi Software Berbayar

Cara satu ini memang terbukti ampuh untuk meningkatkan jumlah followers TikTok secara instan. Apalagi, tarif yang dibanderol pada layanan boost like & followers juga relatif terjangkau. Jadi, dijamin tidak akan membuat isi dompet kamu terkuras kandas.

Hanya saja, harus diingat kalau penambahan pengikut dengan menggunakan aplikasi atau software tertentu memiliki dampak tersendiri. Salah satunya adalah, followers kamu bukanlah pengguna aktif. Sehingga tidak memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan mereka.

Tips menambah followers TikTok diatas bisa kamu jadikan sebagai alternatif solusi untuk menaikkan jumlah pengikut secara gratis. Meskipun tidak instan, namun bisa dikatakan cukup efektif. Apabila kamu terapkan dengan sungguh-sungguh, maka tentu hasilnya juga akan maksimal.

Leave a Comment