Restore Chat WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi berbasis chatting jadi tak heran jika aplikasi ini memiliki fitur restore chat atau mengembalikan chat yang sudah terhapus. Restore chat WhatsApp sendiri biasanya dilakukan oleh mereka yang tak sengaja menghapus semua isi chat atau mengalami eror hingga semua isi chat WA hilang.

Fitur yang satu ini memang sangat penting di mana banyak celah untuk pesan di WhatsApp bisa kapan saja hilang entah itu disengaja atau tidak. Mengembalikan chat yang sudah terhapus sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan pengguna rajin untuk melalukan back up dan intinya masih punya cadangan file chat.

Restore chat di aplikasi WhatsApp tidak harus ketika tak sengaja menghapus file namun juga ketika ganti ponsel namun masih ingin menggunakan nomor sama. Ada berbagai macam kondisi di mana seseorang melakukan restore chat. Bagi yang mengalami kejadian chat hilang semua maka penjelasan kali ini sangat cocok.

Cara Mengembalikan Chat Hilang (Restore Whatsapp)

Jika tak sengaja atau mungkin memang terkena musibah chat hilang semua maka jangan panik dan putus harapan. Kondisi semacam ini sebenarnya sangat mudah untuk diperbaiki atau diatasi apalagi didukung dengan hal-hal lain. Melakukan restore ini punya tujuan yang beragam tergantung dari pengguna.

Ada kalanya chat yang hilang merupakan sesuatu hal yang penting maka dari itu banyak yang rela melakukan segala cara. Bagi yang masih awam dan tidak tahu tentang hal-hal seperti ini tenang saja karena tidak memerlukan metode atau cara yang rumit untuk restore chat WhatsApp.

1. Restore Melalui Google Drive

Cara pertama dan cara yang bisa diterapkan oleh pengguna Android adalah dengan menggunakan Google Drive. WhatsApp memang bekerja sama dengan Google Drive untuk melakukan pencadangan pesan. Maka dari itu pengguna harus sering mencadangkan pesan agar cara ini berhasil dengan mudah.

Jika pengguna melakukan cadangan pesan secara rutin maka cara ini bisa dijamin berhasil dan akan mengembalikan semua pesan yang terakhir dicadangkan. Pastikan dulu sering mencadangkan atau backup chat sebelum menerapkan cara yang satu ini.

  • Untuk langkah pertama adalah dengan uninstal aplikasi WA yang sedang dipakai. Setelah itu langsung saja download lagi aplikasinya.
  • Download melalui Play Store dan langsung saja kembali instal di ponsel. Jika sudah terinstal maka langsung lakukan login dengan nomor yang akan digunakan. Lakukan verifikasi terhadap nomor yang akan digunakan.
  • Nanti akan diarahkan ke pilihan Restore atau Pulihkan. Pilih saja opsi tersebut dan langsung pilih opsi Next.

Nanti akan diarahkan ke pilihan

  • Dengan begini maka otomatis WhatsApp akan restore ulang semua file chat yang sebelumnya sudah di back up. Sabar menunggu hingga proses back up selesai dilakukan.

Proses restore ini memang butuh waktu yang tidak mesti tergantung dari besar file back up chat. Semakin besar filenya maka akan semakin lama prosesnya begitu juga sebaliknya. Proses ini biasanya memang hanya untuk pengguna Android dan jika untuk pengguna iPhone tidak menggunakan Google Drive.

2. Restore Melalui iCloud

Cara kedua dan juga merupakan cara yang bisa diterapkan oleh pengguna iPhone adalah dengan memanfaatkan iCloud. Memang sedikit berbeda dari Android tentang tempat penyimpanan back up chat di mana iPhone lebih mengarah ke iCloud dan Andorid menggunakan Google Drive.

Meskipun tempat penyimpanannya berbeda namun untuk cara melakukan restore chat WhatsApp melalui iCloud hampir sama. Jadi jangan khawatir bagi pengguna iPhone karena cara backup chat sangat mudah. Tidak perlu adanya tambahan metode dan hal-hal yang merepotkan lainnya.

  • Cara pertama yaitu dengan hapus dulu aplikasi WhatsApp. Kemudian download dan instal ulang aplikasi WhatsApp melalui AppStore.
  • Jika sudah maka langsung saja buka WA dan masukkan nomor yang akan digunakan. Lakukan verifikasi nomor dan kemudian pilih saja opsi Restore atau Pulihkan. Dengan begini maka otomatis WhatsApp akan mengambil data dari iCloud.

Jika sudah maka langsung saja buka WA

  • Pastikan nomor yang dimasukkan adalah nomor yang memang ingin dilakukan restorasi chat dan sudah melakukan backup file sebelumnya.
  • Tunggu saja beberapa saat hingga proses restore selesai dan otomatis file chat sudah kembali lagi.

Caranya kurang lebih sama dengan versi Andorid jadi perbedaannya hanya berada pada tempat backup file chatnya saja. Sangat mudah dan bisa langsung diterapkan bagi para pengguna iPhone yang ingin file chatting kembali seperti yang diinginkan.

3. Restore Melalui File Backup

Cara terakhir dan solusi terakhir juga untuk pengguna yang tidak pernah atau lupa melalukan backup chat. Jadi masih ada solusi bagi pengguna yang chatnya hilang namun tidak ada file backup di Google Drive atau iCloud. Jadi jangan panik jika lupa melakukan backup chat sebelumnya.

Pada dasarnya WhatsApp selalu melalukan pencadangan file secara otomatis yang biasanya dimulai pada jam 02.00. Jadi bagi yang sering membuka WA di jam pagi maka akan sering menjumpai WhatsApp yang sedang melakukan proses pencadangan file otomatis.

  • Pertama-tama masuk dulu ke dalam file di ponsel. Lalu pilih folder WhatsApp kemudian pilih folder Database. Jika sudah masuk maka langsung saja pilih folder bernama db.crypt12.

Pertama-tama masuk dulu ke dalam file di ponsel

  • Ubah nama folder tersebut menjadi db.crypt12. Buka foldernya dan di dalamnya akan terdapat banyak sekali file backup sesuai dengan hari, tanggal, dan tahun. Pilih file dengan tanggal paling baru dan ganti nama filenya menjadi msgstore.db.crypt12.
  • Jika sudah selesai edit file backup maka langsung saja menuju ke Google Drive dan hapus file backup terbaru. Dengan begini maka otomatis WhatsApp akan mendeteksi file terakhir yang ada di ponsel yang sudah di edit sebelumnya..
  • Tinggal hapus dan instal ulang WhatsApp di ponsel. Masukan nomor ponsel dan verifikasi kemudian pilih Restore. Tunggu prosesnya hingga selesai dan otomatis file chat backup terakhir berdasarkan file yang sudah diedit akan muncul.

Proses atau caranya memang sedikit rumit dibandingkan dua cara sebelumnya. Namun cara ini hanya dipakai jika lupa untuk melalukan backup file atau mencadangkan pesan. Restore chat WhatsApp dengan metode ini adalah jalan terakhir bagi pada pengguna.

Pentingnya Cadangkan Pesan

Pentingnya Cadangkan Pesan

Melalui ulasan di atas tentunya para pengguna WhatsApp sudah tahu fungsi dan pentingnya melakukan backup file. Jika terjadi sesuatu yang kurang mengenakan di mana file chat hilang maka masih ada solusi yang bisa digunakan. Mencadangkan file pesan di WhatsApp memang disarankan harus sering dilakukan.

Artikel lainnya: Profil Animasi WhatsApp

Setidaknya mencadangkan pesan 1 bulan sekali atau mungkin bisa lebih rutin lagi. Prosesnya yang mudah dalam melakukan restore chat bukan hal yang bisa dijadikan acuan. Contohnya jika menggunakan cara file backup belum tentu prosesnya bisa berhasil dengan mulus.

Intinya restore chat WhatsApp memang sangat mudah namun jangan sampai melalui proses ini jika tidak diperlukan. Jika benar-benar ingin restore chat usahakan saat ganti ponsel saja agar prosesnya juga tidak mengalami eror. Pengguna yang terlalu sering melakukan restore biasanya akan menemui kendala nantinya.

Leave a Comment