Profil Animasi WhatsApp

Para pengguna WhatsApp sudah banyak diberikan fitur menarik. Namun kebanyakan belum benar-benar mencoba fitur yang telah diberikan salah satunya adalah membuat profil animasi Whatsapp. Belum banyak yang mencoba atau bahkan tahu fitur menarik yang satu ini dari WhatsApp.

Banyak orang belum mencoba fitur yang bisa menjadikan foto profil WA menjadi bergerak. Animasi foto tentunya sangat menarik dan anti mainstream. Foto profil tidak lagi hanya sebuah gambar atau foto yang diam namun sekarang dapat bergerak. Fitur ini wajib dicoba bagi para pengguna WhatsApp terutama yang masih muda.

Tentu akan ada beberapa hal yang harus dilakukan dulu sebelum benar-benar membuat profil WA bergerak. Bagi yang merasa tertarik untuk mencoba menggunakan atau menerapkan profil animasi maka penjelasan di bawah ini akan menjadi acuan untuk diterapkan nantinya.

Cara Memasang Profil Animasi WhatsApp

Untuk memasang foto profil animasi tentunya tidak instan atau tinggal pasang seperti umumnya. Di sini pengguna WA harus memperhatikan beberapa hal. Caranya memang mudah namun tetap harus diperhatikan agar proses pergantian profil dari biasa ke profil animasi berjalan dengan lancar dan mulus.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa untuk menerapkan profil animasi WhatsApp tidak bisa menggunakan aplikasi versi terbaru. Pengguna harus menggunakan WhatsApp versi Beta dan juga GIF Maker yang fungsinya untuk membuat GIF animasi. Ini adalah syarat pertama yang harus diterima oleh pengguna.

1. Memasang WhatsApp Beta

Memasang WhatsApp Beta

WhatsApp versi asli atau terbaru tidak mendukung adanya profil animasi. Jadi WhatsApp memberikan opsi lain bagi mereka yang tetap ingin menggunakan profil animasi yaitu dengan WhatsApp Beta. Tenang saja aplikasi WhatsApp ini tetap aman dan juga tidak merugikan penggunanya.

Untuk cara download mudah sekali karena hanya cukup masuk ke Play Store kemudian ketik saja WhatsApp Beta maka akan muncul. Langsung saja download WA Beta dan instal di ponsel masing-masing. Pastikan juga WA versi terbaru harus dihapus terlebih dahulu agar WA Beta diinstal.

Jika sudah terdownload dan terinstal maka langsung saja buka WA Beta dan masukan nomor  identitas, dan lain-lain. Sama seperti saat menggunakan WhatsApp pertama kali.

2. Membuat GIF

Membuat GIF

Jika WA Beta sudah terpasang maka langkah selanjutnya adalah dengan download GIF Maker. Download aplikasi ini di Play Store dengan cara ketik saja nama aplikasinya. Ukuran dari aplikasi ini tidak terlalu besar jadi tidak usah khawatir akan memakan banyak penyimpanan.

Setelah mendownload dan instal GIF Maker maka langsung saja ke cara pembuatan GIF nya.

  • Langsung saja masuk ke GIF Maker kemudian pilih opsi menu “ video ke GIF “. Nanti akan muncul tampilan penyimpanan video di ponsel. Pilih video mana yang akan dijadikan GIF.
  • Setelah itu langsung saja atur durasi atau panjan GIF yang akan dibuat. Bagian ini disesuaikan saja dengan selera dan kemauan. Proses lain setelah mengatur durasi adalah menambahkan komponen lain jika penting .
  • Nanti akan muncul pilihan beberapa opsi seperti Crop, Edit, Efek, dan lain-lain. Jika memang ingin menambahkan efek dan grading maka di sini pengguna bisa edit sesuka hati.
  • Pastikan sebelum masuk ke proses render atau proses akhir GIF yang dibuat sudah sesuai dengan keinginan. Langsung masuk ke menu pengaturan kualitas jika semuanya sudah sesuai keinginan. Pilih kualitas GIF yang mau dihasilkan jika sudah langsung saja tekan menu OK.
  • Dengan begini maka profil animasi WhatsApp berupa GIF sudah berhasil dibuat dan tentunya sudah siap dipasang

3. Pasang di Profil WhatsApp  Beta

Pasang di Profil WhatsAppя Beta

Apabila bahan utamanya sudah terbuat atau sudah tersedia animasi GIF maka langsung saja pasang di WhatsApp Beta. Untuk caranya jelas sangat mudah layaknya mengganti profil di WhatsApp versi biasanya.

Masuk ke Pengaturan lalu nanti akan ada ikon foto dan langsung saja tap ikon tersebut. Nanti akan masuk ke pilihan foto yang akan dipasang. Pilih saja animasi GIF yang baru saja dibuat dan tekan selesai. Dengan begini maka profil WhatsApp akan menjadi bergerak atau menjadi profil animasi.

Kelebihan Profil Animasi

Tentu saja dengan memasang animasi di profil mempunyai kelebihan. Itulah salah satu alasan mengapa banyak orang juga rela berganti dari WA biasa ke WA Beta demi memasang foto bergerak. Mungkin setelah membaca ulasan ini banyak orang juga yang merasa tertarik untuk menggunakannya.

1. Unik dan Anti Mainstream

Unik dan Anti Mainstream

Kelebihan pertama dan yang sudah jelas adalah unik dan anti mainstream. Sekarang ini foto profil tidak hanya berupa gambar yang diam namun juga bisa bergerak. Jika dibandingkan dengan foto profil yang umum maka foto berupa animasi bergerak ini akan terlibat lebih menarik.

Dengan begini maka akan mengundang banyak perhatian orang. Apalagi jika animasi yang ditampilkan juga memiliki nilai tersendiri bukan hanya sekedar gambar yang bergerak. Perlu kreativitas untuk membuat GIF menjadi sangat unik dan bahkan memiliki makna.

2. Mudah Untuk Dibuat

Mudah Untuk Dibuat

Jika melihat dari cara di atas tentang cara membuat GIF tentunya tidak sesulit yang dibayangkan. Profil animasi WhatsApp bisa dibuat dengan mudah dengan bantuan aplikasi. Dengan begini maka setiap orang bisa membuat GIF bahkan lebih dari satu.

Setiap kali bosan dengan GIF yang terpasang maka bisa langsung ganti dan membuat yang baru. Tentunya GIF yang baru harus lebih fresh dan lebih menarik dari sebelumnya. Intinya kapan pun ingin ganti profil tinggal membuatnya karena caranya sangat simpel dan cepat.

Kelemahan Profil Animasi

Selain ada kelebihan dari animasi WhatsApp tentu juga ada kelemahannya. Mungkin kekurangan ini yang bisa menjadi alasan seseorang untuk memasang foto animasi. Sebelum memutuskan untuk menggunakan profil animasi maka lebih baik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

1. Harus Menggunakan WhatsApp Beta

Harus Menggunakan WhatsApp Beta

Kekurangan pertama adalah harus menggunakan WhatsApp versi Beta. Tentu ini adalah sebuah kekurangan karena foto profil animasi belum bisa diterapkan di WhatsApp terbaru atau bersi terkini. Jadi dengan begini profil animasi hanya bisa terlihat bagi mereka yang menggunakan WA Beta.

Artinya pengguna WhatsApp biasa tidak akan bisa melihat animasi yang dipasang di WA Beta. Ini adalah sebuah kekurangan mengingat perbandingan antara pengguna WA biasa dan WA biasa sangat jauh. Akan lebih banyak orang yang tidak tahu daripada mereka yang tahu bahwa profil yang dipasang adalah GIF.

2. Tidak Semua GIF Bisa Dipasang

Tidak Semua GIF Bisa Dipasang

GIF atau gambar animasi bisa dipasang jika durasi GIF tidak terlalu panjang dan juga kualitasnya tidak terlalu tinggi. Jika durasi GIF yang dibuat terlalu panjang maka tidak akan bisa masuk sebagai profil. Maka durasi harus menyesuaikan ketentuan dari WA Beta itu sendiri.

WhatsApp versi terbaru belum kunjung memberikan akses atau fitur profil animasi. Entah profil animasi WhatsApp akan tersedia tidak nantinya namun jika memang ingin segera mencobanya maka masih ada alternatif lain yaitu dengan memanfaatkan WhatsApp versi Beta.

Leave a Comment