Cara Mengunci Chat Whatsapp

Apakah kamu salah satu pengguna setia Whatsapp? Di dalam aplikasi tersebut mungkin saja terdapat chat penting dan rahasia yang ingin kamu amankan. Sayangnya, kamu mungkin tidak mengetahui cara mengunci chat Whatsapp.

Sebenarnya Whatsapp sendiri sudah menyediakan fitur pengamanan, namun ini berlaku untuk satu aplikasi. Bukan untuk mengunci satu chat tertentu saja.

Kalau kamu ingin tetap mengunci salah satu chat Whatsapp saja, ada cara khusus yang mesti dilakukan. Di bawah ini akan dijelaskan caranya. Sebaiknya simak sampai akhir supaya kamu bisa memahaminya dan mempraktikkannya dengan baik.

Cara Mengunci Chat Whatsapp Satu Per Satu

Mari bahas cara untuk mengunci satu chat Whatsapp terlebih dahulu. Terdapat dua opsi yang bisa kamu pilih. Pertama adalah menggunakan aplikasi Locker for Whatsapp Chat. Sedangkan opsi kedua adalah memakai Whatsapp mod.

1. Locker for Whatsapp Chat

Locker for Whatsapp Chat

Locker for Whatsapp Chat adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu temukan di Playstore. Aplikasi yang satu ini memang dirancang khusus untuk orang-orang yang ingin meningkatkan keamanan dan privasinya di Whatsapp.

Ukuran aplikasinya terbilang kecil, hanya sekitar 11 MB. Aplikasi ini juga cukup terpercaya karena sudah diinstall oleh lebih dari 1 juta pengguna di seluruh dunia. Berikut ini detail untuk aplikasi Locker for Whatsapp Chat berikut link download.

Nama aplikasi Locker for Whatsapp Chat App
Versi 6.7.1.19
Terakhir update 25 November 2021
Ukuran 11 MB
Link download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.systweak.lockerforwhatsapp&hl=en&gl=US

Seperti namanya, aplikasi bisa kamu pakai untuk mengamankan salah satu atau beberapa Whatsapp sekaligus. Sebelum mulai menggunakannya, kamu harus menginstall aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, klik link yang terdapat pada tabel di atas. Berikutnya, kamu akan diarahkan langsung ke halaman Playstore. Klik tombol Install untuk memulai proses download dan instalasi. Jika sudah selesai dan muncul tombol Open, artinya kamu berhasil menginstallnya.

Sekarang kamu sudah bisa mulai menggunakan Locker for Whatsapp Chat untuk mengunci chat penting. Berikut ini tutorial lengkapnya.

  • Buka aplikasi Locker for Whatsapp Chat App terlebih dahulu degan mengeklik tombol Open di Playstore.
  • Kamu juga bisa membuka aplikasi ini dengan cara mengeklik ikonnya di home page atau app drawer.
  • Jika sudah terbuka, kamu akan langsung diminta untuk membuat passcode.
  • Passcode terdiri dari 4 angka. Pastikan kamu membuat passcode yang mudah kamu ingat, tapi sulit ditebak oleh orang lain.
  • Masukkan passcode sebanyak 2 kali untuk memastikan bahwa kamu sudah memasukkan angka-angka yang cocok.
  • Jika sudah selesai membuat passcode, masukkan alamat email kamu yang saat ini aktif. Ini sangat penting karena akan dipakai ketika kamu lupa passcode.
  • Setelah submit alamat email, klik tombol Save.
  • Selanjutnya akan muncul pop up yang menandakan bahwa Locker for Whatsapp Chat meminta akses ke aplikasi Whatsapp. Klik Enable.
  • Kamu akan dibawa ke halaman Accessibility Settings untuk melanjutkan konfigurasi. Klik pada toggle yang ada di samping Locker for Whatsapp Chat App.
  • Jika muncul pop up lagi, klik OK.
  • Klik back supaya kamu kembali ke aplikasi Locker for Whatsapp Chat App.
  • Klik tanda + yang terdapat di kanan bawah layar.
  • Kamu akan diarahkan ke Whatsapp untuk memilih salah satu chat yang ingin diamankan.
  • Jika sudah, kamu akan dibawa kembali ke Locker for Whatsapp Chat App. Jika sudah muncul nama dan tanda gembok, artinya chat berhasil diamankan.

Baca juga: Profil WhatsApp Kosong

Setelah melakukan rentetan pengaturan di atas, kamu sudah berhasil mengaktifkan kunci untuk salah satu chat. Ketika akan membukanya, kamu akan otomatis diminta untuk memasukkan passcode tadi.

2. GB Whatsapp

GB Whatsapp

Whatsapp Mod merupakan modifikasi dari Whatsapp versi resmi atau versi asli. Proses modifikasi dilakukan oleh developer pihak ketiga. Karena proses modifikasi ini, Whatsapp Mod dapat dikategorikan sebagai aplikasi non resmi.

Meski tidak resmi dan memiliki risiko, aplikasi jenis ini masih saja banyak peminatnya. Kalau kamu berani ambil risiko, coba saja kunci salah satu chat kamu menggunakan Whatsapp Mod.

Whatsapp Mod sendiri ada banyak jenisnya. Salah satu yang paling populer di antara semuanya adalah GB Whatsapp. Di bawah ini akan ditunjukkan bagaimana cara mengunci salah satu chat menggunakan WA Mod tersebut.

  1. Pertama, pastikan bahwa kamu sudah menginstall aplikasi GB Whatsapp terlebih dahulu.
  2. Pastikan juga kamu sudah login menggunakan nomor HP dan berhasil menggunakannya seperti aplikasi Whatsapp biasa.
  3. Sekarang kamu buka salah satu chat yang ingin dikunci atau diamankan.
  4. Klik tanda titik tiga yang terletak di bagian kanan atas layar chat tersebut. Langkah ini harus kamu lakukan untuk menampilkan menu atau opsi.
  5. Sekarang pilih menu Lock Chat.
  6. Lalu klik pada menu Enable Passcode.
  7. Masukkan beberapa angka untuk menguncinya. Pastikan tidak mudah ditebak dan tidak diketahui oleh siapa pun. Tapi pastikan kamu mengingatnya supaya tidak terjadi masalah di masa mendatang.

Setelah berhasil melakukan langkah-langkah di atas, pesan yang kamu pilih tadi akan otomatis terkunci. Untuk membuka dan melihat percakapan yang sudah pernah dilakukan, kamu harus memasukkan passcode terlebih dahulu.

Jika sekiranya kamu merasa bahwa chat tersebut tidak perlu dikunci lagi, tinggal pilih opsi untuk menonaktifkan passcode. Untuk meningkatkan keamanan, sebaiknya kamu ganti passcode tersebut setiap beberapa waktu tertentu.

Sudah paham dengan tutorialnya tapi bingung harus download GB Whatsapp di mana? Ini dia bonus link download GB Whatsapp khusus buat kamu. Simak detailnya berikut ini.

Nama aplikasi Whatsapp Mod
Versi 3.6.2
Terakhir update Januari 2022
Ukuran 52 MB

Baca juga:  Cara Membuat Link WhatsApp

Cara Mengunci Satu Aplikasi Sekaligus

Cara mengunci chat Whatsapp satu per satu memang masih sangat sedikit opsinya. Alternatif lainnya untuk mengamankan chat Whatsapp adalah mengunci satu aplikasi sekaligus. Seperti yang sudah disebutkan, Whatsapp sudah menyediakan fiturnya. Langsung saja, ini dia pembahasan selengkapnya.

1. Fingerprint Lock

Fingerprint Lock

Sejak beberapa waktu lalu, Whatsapp memang menambahkan fitur keamanan, yaitu Unlock with fingerprint. Tentu saja fitur ini hanya bisa digunakan oleh smartphone yang punya sensor sidik jari. Berikut ini tutorial untuk mengaktifkannya.

  • Buka aplikasi Whatsapp terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik titik tiga di kanan atas untuk menampilkan menu.
  • Pilih Settings.
  • Lanjutkan dengan memilih Account dan klik Privacy,
  • Klik pada menu Fingerprint Lock.
  • Aktifkan dengan cara mengeklik toggle.
  • Tap jari kamu ke sensor untuk mengonfirmasi.
  • Kamu bisa mengatur kunci otomatis dengan jangka waktu tertentu, mulai dari segera, setelah satu menit, atau setelah 30 menit.
  • Jika ingin menonaktifkan opsi keamanan ini, tinggal klik lagi toggle yang ada di samping opsi Unlock with Fingerprint.

Baca juga: Profil Animasi WhatsApp

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa ada beberapa cara mengunci chat Whatsapp yang bisa kamu coba. Masing-masing cara memiliki plus dan minusnya tersendiri. Jadi, pilihan diserahkan sepenuhnya kepada kamu.

Leave a Comment