Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp

WhatsApp sebagai aplikasi yang menjadi pilihan chatting bagi kebanyakan orang saat ini telah melalui banyak perkembangan. Namun fitur yang sudah dari dulu ada adalah fitur foto profil. Sekarang ini foto profil bisa diubah kapan dan cara mengganti foto profil WhatsApp juga sangat mudah.

Foto profil WhatsApp merupakan salah satu identitas bagi setiap individu yang memakai WhatsApp. Meskipun tetap ada yang tidak memasang foto profil namun pada intinya profil atau foto merupakan sebuah identitas dan ekspresi diri. Biasanya foto profil yang dipakai oleh para pengguna WA adalah foto yang terbaik.

WhatsApp tidak membatasi pergantian foto profil yang artinya pengguna bisa gonta-ganti foto sesuai kemauan. Tentu ini menunjukkan bahwa WhatsApp memberikan ruang bebas untuk setiap penggunanya untuk berekspresi. Tidak ada batasan dan juga cara menggantinya sangat mudah dan cepat.

2 Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengganti foto profil di WhatsApp. Pengguna bisa memilih cara mana yang paling mudah untuk diterapkan. Intinya keduanya memiliki metode yang tidak ribet dan mudah dipahami. Banyak orang sudah paham dengan aplikasi ini jadi tidak akan ada yang merasa bingung nantinya.

Usahakan foto profil yang dipasang adalah yang terbaik dan jauh dari hal-hal yang negatif. Sebagai pengguna WA yang bijak maka sudah seharusnya mengunggah foto profil yang terbaik. Jangan sampai foto profil yang dipasang atau diunggah nantinya menimbulkan banyak pertanyaan bahkan menimbulkan masalah.

1. Ganti Lewat Aplikasi Ponsel Android dan Iphone

Aplikasi WhatsApp memang awalnya hanya bisa diakses lewat ponsel atau smartphone. Maka dari itu sampai sekarang pun WhatsApp masih banyak digunakan di ponsel. Cara mengganti foto profil WhatsApp yang pertama adalah melalui ponsel atau smartphone.

Caranya sangat sederhana jadi bagi para pengguna baru tidak akan kebingungan. Pastikan jika ingin mengganti foto profil data internet harus menyala karena jika tidak foto profil yang sudah dipasang tidak akan terganti nantinya.

  • Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp. Jika sudah masuk dalam beranda awal maka langsung saja menuju ke ikon titik 3 di bagian pojok kanan atas. Pilih opsi atau menu Setelan.
  • Nanti akan muncul tampilan foto profil sebelumnya dan ikon kamera. Pilih ikon kamera tersebut dan akan muncul dua opsi lagi. Pilih galeri jika ingin mengambil foto dari galeri penyimpanan ponsel dan pilih foto jika ingin langsung melakukan pengambilan gambar.

Nanti akan muncul tampilan foto profil sebelumnya dan ikon kamera. Pilih ikon kamera

  • Jika memilih galeri maka nanti akan masuk ke tampilan galeri dengan banyak pilihan foto dari berbagai folder gambar. Pilih saja gambar atau foto yang mau dijadikan foto profil.
  • Jika sudah memilih foto yang tepat maka nanti akan diminta untuk memusatkan foto. Pastikan garis persegi sebagai ujung ukuran foto disesuaikan dengan bagian gambar foto mana yang akan diambil. Jika sudah maka selesai dan profil akan berganti sesuai dengan yang dipilih.

2. Ganti Lewat WhatsApp Web

Seperti yang sudah diketahui bahwa sekarang ini WA bisa juga diakses lewat web. Itu artinya seseorang bisa membuka WA lewat laptop. Jadi bagi yang belum tahu tentang ini maka cara yang satu ini bisa kemudian diterapkan agar memahami isi dari WhatsApp Web itu sendiri.

Dengan begini maka pengguna bisa memiliki dua pilihan antara mengganti foto profil lewat ponsel atau lewat ponsel. Jika foto atau gambar yang ingin dijadikan profil ada di laptop maka gunakan saja cara mengganti foto profil WhatsApp lewat laptop atau WA browser berikut ini.

  • Pertama-tama adalah menuju ke Google Chrome atau browser lain di laptop. Langsung saja masuk WhatsApp Web. Jika sudah masuk maka pengguna akan disuruh scan bar code konfirmasi dari ponsel jika ingin login dengan akun yang sama dengan akun di ponsel.
  • Jika sudah melakukan scan maka akan otomatis masuk ke beranda. Tampilan WA web dengan versi aplikasi sama saja sebenarnya hanya ada beberapa opsi yang berbeda. Jika sudah begini maka langsung saja menuju ke simbol titik tiga di pojok kanan atas.
  • Akan muncul foto profil sebelumnya dan langsung saja foto tersebut. Muncul beberapa opsi yang bisa dipilih. Jika ingin mengambil dari penyimpanan internal laptop maka pilih opsi Unggah Foto.

Akan muncul foto profil sebelumnya dan langsung saja foto tersebut. Muncul beberapaAkan muncul foto profil sebelumnya dan langsung saja foto tersebut. Muncul beberapa

  • Pengguna akan digiring untuk mencari folder dan file foto atau gambar yang akan digunakan. Pastikan menaruh file atau gambar di tempat yang mudah ditemukan agar mudah dalam proses pencarian.
  • Foto yang selesai dipilih nantinya harus disesuaikan dengan ukuran template profil dari WA. Pastikan untuk crop foto atau gambar dengan kondisi terbaik agar hasil foto profil rata dan bisa dinikmati.
  • Jika sudah langsung saja klik selesai maka otomatis profil berganti dengan yang baru.

Baca juga: Restore Chat WhatsApp

Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp

Foto profil WhatsApp merupakan sebuah identitas untuk menunjukkan kepemilikan nomor tersebut. Namun tidak jarang juga orang yang enggan memasang foto profil atau ingin menyembunyikan foto profil dari banyak orang. Jadi selain cara mengganti foto profil WhatsApp juga ada cara untuk menyembunyikan foto profil.

Ini artinya pengguna bisa membuat foto profilnya tidak diketahui oleh orang lain. Pengguna bisa memutuskan siapa saja yang bisa melihat profilnya. Hal ini semata-mata untuk menjaga privasi dan juga agar merasa aman. Bagi yang belum tahu caranya maka bisa langsung simak penjelasan berikut.

  • Masuk ke aplikasi WhatsAp ponsel maupun WhatsApp Web jika akses lewat laptop atau pc. Jika sudah maka langsung saja ke menu Setelan dengan menekan simbol titik tiga di bagian kanan atas.
  • Scroll sedikit ke bawah untuk melihat opsi menu Akun atau Account. Pilih opsi tersebut dan kemudian pilih juga menu Privasi atau Privacy.
  • Akan muncul banyak opsi tentang Privasi namun pilih saja Foto Profil. Nanti di sana pengguna bisa memilih siapa saja yang bisa melihat foto profil.

Akan muncul banyak opsi tentang Privasi namun pilih saja Foto Profil.

  • Pilih Tidak Semua jika ingin menyembunyikan dari semua orang. Pilih Hanya Kontak jika ingin foto profil hanya bisa dilihat kontak yang sudah tersimpan. Pilih saja opsi tersebut sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan.

Tujuan orang menyembunyikan foto profilnya itu beragam. Namun yang jelas orang yang tidak mau menyebarkan foto profilnya ke khalayak umum adalah mereka yang menjunjung tinggi privasi. WhatsApp memang sudah memberikan beberapa fitur soal privasi namun tetap masih ada celahnya.

Jadi jika sebuah kontak tidak menampilkan foto profil ada beberapa kemungkinan. Pertama memang orang itu tidak memasang foto profil atau kosong. Kedua hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat foto profilnya. Terakhir adalah karena kontak sudah terblokir jadi tidak bisa melihat seluruh profil.

Baca juga: Anonymous Chat WhatsApp

Jika memang ingin mengganti foto profil maka pengguna harus bijak dan tahu segala risikonya. Cara mengganti foto profil WhatsApp memang sangat mudah dan bisa diterapkan kapan saja. Namun foto profil itu erat kaitannya dengan privasi jadi pengguna harus bijak.

Leave a Comment