Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi

Bingung karena followers di Instagram semakin berkurang? Kalau kamu memiliki pengikut lumayan banyak, pasti ribet kalau harus mengecek manual melalui kolom pencarian. Oleh sebab itulah, kamu harus tahu trik instan cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi.

Instagram adalah salah satu media sosial paling populer yang diminati oleh berbagai kalangan. Menghadirkan beragam fitur menarik, mulai dari Instagram Stories hingga Reels. Tidak mengherankan apabila pengguna Instagram betah menggunakan aplikasi berbagi foto dan video ini.

Follow dan unfollow merupakan hal biasa yang terjadi di Instagram. Namun, kalau tujuan kamu pakai Instagram adalah untuk kepentingan bisnis, maka harus sangat memperhatikan jumlah pengikut. Karena nantinya, followers tersebutlah yang akan membantu mendongkrak popularitas kamu.

5 Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi

Kamu pasti sudah tahu, bahwa Instagram tidak memiliki fitur khusus yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mencari tahu siapa saja yang unfollow akunnya. Namun, kamu tidak perlu cemas. Sebab beberapa tips mudah di bawah ini dapat dijadikan panduan mengetahui orang yang unfollow:

1. Mengecek Followers Secara Manual

Mengecek Followers Secara Manual

Cara ini sebenarnya lebih direkomendasikan kepada kamu yang tidak memiliki terlalu banyak followers. Sebab kalau followers kamu jumlahnya sudah mencapai ribuan, maka tidak dianjurkan pakai trik ini. Selain makan waktu dan tenaga, potensi missing-nya juga tinggi.

Untuk mengecek followers manual, cukup buka profil Instagram kemudian klik “Followers”. Setelah itu, scroll down untuk mengecek nama-nama followers yang ada satu-persatu. Akan tetapi, cara ini kurang efektif kalau kamu tidak mengenal siapa saja pengikut Instagrammu.

2. Membuat Instagram Stories

Membuat Instagram Stories

Kamu dapat memanfaatkan Instagram Stories untuk mengetahui orang-orang yang sudah unfollow akunmu. Coba bagikan hal-hal yang menarik perhatian melalui fitur tersebut. Kemudian tunggu beberapa saat untuk mengetahui reaksi yang diberikan oleh followers.

Orang-orang yang tidak melihat Insta Story kamu bisa jadi sudah tidak mengikuti kamu. Akan tetapi, harus diingat bahwa cara ini juga tidak 100% ampuh. Sebab tidak semua pengguna Instagram aktif di media sosial tersebut, sehingga tidak melihat story yang kamu unggah.

3. Kunjungi Profil Pengguna Instagram yang Dicurigai

Kunjungi Profil Pengguna Instagram yang Dicurigai

Meskipun cara satu ini terkesan stalking dan kurang kerjaan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Apalagi, kalau kamu memiliki banyak waktu luang. Setelah memprediksi siapa orang yang paling berpotensi unfollow kamu, langsung saja meluncur ke profil orang tersebut.

Caranya simple, kamu cukup buka profil salah satu nama yang dicurigai sudah unfollow. Kemudian, klik bagian “following”, lalu masukkan nama akun Instagram kamu pada kolom pencarian. Kalau namamu tidak ada, maka dipastikan orang tersebut sudah unfollow kamu.

4. Manfaatkan Fitur Unduh Data

Cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi lainnya adalah dengan menggunakan fitur unduh data. Agar lebih mudah dan hasilnya juga optimal, disarankan supaya kamu online pakai perangkat komputer atau laptop.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dijadikan panduan:

  • Buka aplikasi browser pilihan.
  • Kunjungi dan login Instagram di URL https://www.instagram.com/accounts/login/.
  • Masuk ke menu pengaturan Instagram dengan cara klik foto profil yang ada pada sisi kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih “Setting”, kemudian “Privasi & Keamanan”.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan “Unduhan Data”.

Scroll ke bawah hingga menemukan Unduhan Data

  • Klik opsi “Minta Unduhan”. Kamu akan diminta memasukkan alamat e-mail.
  • Klik ikon “Unduh” untuk request unduhan data.
  • Tunggu beberapa waktu, bahkan bisa mencapai hingga 48 jam untuk mengirim salinan data yang ada di Instagram.
  • Setelah salinan data diterima, kamu bisa cari file dengan nama following.html atau followers.html.
  • Buka situs website http://www.listdiff.com/ di tab baru. Pada bagian “Sort”, kamu langsung ubah saja pengaturan jadi “Sort A-> z”.
  • Buka file satu per satu, kemudian copy semua data di file “followers.html” di kolom “List A”, lalu data di file “following.html” ke “List B”. Selanjutnya, klik “Compare List”.

Buka file satu per satu, kemudian copy semua data di file

  • Scroll ke bawah dan lihat hasil perbandingan dua data tersebut. Periksa kolom “B Only”. Isinya adalah akun Instagram yang tidak mengikuti (memfollow) kamu.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Instagram

5. Melalui Situs Online Fast-unfollow

Melalui Situs Online Fast-unfollow

Kamu ingin tahu siapa saja yang sudah unfollow tapi tidak mau ribet menggunakan cara manual atau install aplikasi? Jangan khawatir, ada cara instan mengetahui orang yang berhenti mengikuti akun Instagram kamu, yaitu dengan memanfaatkan situs online.

  • Buka peramban yang biasa kamu gunakan.
  • Masukkan URL https://www.fast-unfollow.com/.
  • Untuk mengakses situs Fast-unfollow, silahkan login terlebih dahulu.
  • Langkah selanjutnya, masukkan username akun Instagram di kolom tersedia.
  • Klik / Tap “Check”.
  • Tunggu sampai pengecekan selesai.
  • Daftar nama akun Instagram yang kamu follow tapi tidak follow back akan ditampilkan.
  • Berikutnya, kamu bisa unfollow akun-akun yang telah berhenti mengikutimu.

4 Aplikasi Gratis untuk Melihat Siapa yang Unfollow di Instagram

Setelah membahas mengenai cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi. Mungkin kamu juga ingin tahu rekomendasi aplikasi gratis dengan fitur handal yang memungkinkan kamu untuk melihat siapa saja orang sudah unfollow kamu di sosial media Instagram.

1. Follow Meter

Follow Meter

Aplikasi ini memungkinkan kamu memantau berbagai aktivitas Instagram secara berkala, termasuk siapa saja pengagum rahasia dan orang yang unfollow. Follow Meter dapat digunakan pada perangkat smartphone berbasis sistem operasi iOS maupun Android.

Hanya saja, penggunaan fitur untuk versi gratis cukup terbatas. Apabila kamu ingin mendapatkan akses penuh, maka harus upgrade membership terlebih dahulu.

2. Followers Tracker Pro

Followers Tracker Pro

Khusus untuk pengguna ponsel pintar berbasis iOS, maka Followers Tracker Pro bisa menjadi salah satu referensi kamu. Aplikasi gratis dengan antarmuka user friendly ini dapat kamu gunakan sebagai pilihan melacak siapa saja yang berhenti mengikuti akunmu.

Melalui Followers Tracker Pro, kamu juga dapat melihat orang yang diam-diam sering mengunjungi profil Instagrammu, mengecek postingan terbaru, melacak konten yang kamu sukai, sehingga memungkinkan kamu menghapus suka dan komentar secara instan.

3. Follow Cop

Follow Cop

Bagi pengguna smartphone Android yang sedang mencari aplikasi follower tracker, maka Follow Cop bisa menjadi pilihan terbaik. Follow Cop dapat membantu kamu untuk melihat pengguna yang berhenti mengikuti atau tidak follow back Instagrammu.

Follow Cop juga memungkinkan pengguna untuk mengelola follower Instagram secara lebih mudah dibandingkan menggunakan cara-cara manual. Untuk versi gratisnya, kamu bisa melihat 15 orang yang unfollow kamu dalam sehari. Bagaimana, sangat worth to use, bukan?

Baca juga: Cara Melihat Akun Instagram yang di Private Android

4. Followers & Unfollowers

Followers & Unfollowers

Aplikasi besutan One Tab Labs ini juga cocok dijadikan pertimbangan. Melalui aplikasi ini, kamu bisa langsung unfollow 50 orang yang berhenti mengikuti akun Instagrammu. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan antara lain adalah, Jangan Ikuti Saya Kembali.

Setelah paham mengenai cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi, maupun dengan aplikasi, sekarang kamu bisa dengan mudah tahu siapa yang telah berhenti mengikuti akunmu. Jadi, bisa segera ambil tindakan, misalnya kalau ingin unfollow orang tersebut.

Leave a Comment