Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Fitur dari WhatsApp memang semakin berkembang dari hari ke hari. Saat ini bahkan aplikasi WA bisa membagikan lokasi kepada orang lain. Cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di hp sekarang ini sudah menjadi rahasia umum. Dampak perkembangan fitur WA memang sangat terasa.

Dengan begini maka seseorang bisa tahu di mana lokasi seseorang tanpa perlu ribet. Memanfaatkan WhatsApp sebagai aplikasi chatting yang selalu dipakai setiap hari memang sangat tepat. Fitur yang sangat membantu di jaman sekarang yang semua hal berhubungan dengan digital termasuk mencari lokasi.

Sangat bermanfaat jika fitur ini bisa dimanfaatkan dengan sangat baik. Pasti ada kalanya seseorang ingin tahu lokasi teman atau orang lain. Terlepas dari apa tujuannya yang jelas WhatsApp memberikan solusi kemudahan untuk tahu dan melacak lokasi seseorang secara real time.

3 Metode atau Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di Hp

Mengetahui lokasi seseorang memang kadang dibutuhkan oleh orang-orang. Maka dari itu seseorang harus tahu cara melacak lokasi seseorang lewat wa di hp. Hanya dengan bermodal ponsel saja maka seseorang bisa melacak atau tahu lokasi orang lain. Di bawah ini ada 3 cara yang bisa digunakan atau diterapkan.

1. Live Location

Live Location

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di hp yang pertama adalah lewat fitur live location. Fitur ini bisa diakses oleh semua pengguna WhatsApp di versi terbaru. Sistem dari fitur ini lebih ke arah pengguna membagikan lokasinya kepada kerabat, teman, atau groupnya

Melalui live location ini seseorang atau pengguna bisa mengatur durasi atau lamanya peta lokasi bisa dibuka. Jadinya jika sudah lebih dari durasi yang diinginkan pengirim maka lokasi yang dibagikan akan otomatis terhapus. Hal ini untuk keamanan dan juga privasi lebih lanjut dari setiap penggunanya.

Untuk cara menggunakan fitur live location sangatlah mudah yaitu :

  • Pertama masuk ke aplikasi WhatsAp lalu pilih kontak atau orang yang ingin dikirimi live location. Jika sudah klik opsi atau simbol paper clip di kotak pesan.
  • Di sana akan ada beberapa pilihan namun langsung saja memilih opsi Share Live Location. Dengan begini maka lokasi terkini akan terkirim ke kontak yang diinginkan.
  • Jangan lupa setel berapa durasi yang diinginkan dan juga jangan lupa nyalakan GPS lokasi agar Goole bisa mendeteksi.

Cara yang sangat mudah dengan menggunakan fitur live location. Nantinya lokasi yang dikirim akan disinkronkan dengan Google Maps. Jadi jangan lupa untuk selalu menyalakan GPS jika memang ingin berbagi lokasi terkini secara tepat dan mudah.

2. Share Location

Share Location

Cara selanjutnya untuk mengetahui lokasi adalah dengan menggunakan fitur Share Location. Secara garis besar sebenarnya fitur atau opsi ini hampir sama dengan live location. Namun yang membedakan adalah real time dan tidaknya lokasi yang dikirim atau dibagikan pada kontak.

Jika live location menunjukkan lokasi yang tepat pada saat itu namun jika share location tidak. Artinya share location bisa membagikan lokasi secara random. Fitur ini biasanya digunakan untuk tahu lokasi orang dan juga mencari tempat atau lokasi yang belum pernah didatangi sebelumnya.

Cara mengetahu lokasi seseorang lewat WhatsApp di hp menggunakan metode ini sangat mudah. Hampir sama aksesnya dengan live location jadi jangan khawatir bagi yang belum pernah menggunakan fitur ini sebelumnya.

  • Pertama dan utama adalah dengan akses atau membuka WA di hp. Langsung saja menuju ke kontak yang ingin dikirimi atau dibagikan lokasi. Pilih atau tap simbol paper clip di bagian kolom pesan.
  • Langsung saja masuk pada opsi berbagi lokasi. Jangan pilih live location namun opsi share location. Dengan begini maka pengguna bisa memilih tempat mana yang akan di share.
  • Prosesnya sangat mudah dan bisa dengan mudah digunakan untuk melacak orang lain.

Tidak ada durasi yang bisa dipilih untuk opsi atau fitur yang satu ini. Maka dari itu sekali share lokasi maka pesan tidak akan hilang. Pengirim harus bijak dalam menggunakan fitur dan memastikan semuanya.

3. Google Maps

Google Maps

Satu lagi cara yang bisa dipakai untuk mengetahui lokasi adalah dengan menanfaatkan Google Maps. Tenang saja karena cara ini masih ada hubungannya dengan WhatsApp meskipun langkah awalnya tidak menggunakan aplikasi WA langsung. Salah satu opsi yang tak kalah efektif dari cara sebelumnya.

Dengan cara ini tidak hanya mudah namun juga sangat cepat. Karena pada dasarnya WhatsApp juga bekerja sama dengan Google Maps untuk urusan berbagi lokasi. Maka akses lokasi melalui Google Maps baru dihubungkan ke WhatsApp adalah hal yang sangat memungkinkan.

Lalu bagaimana caranya? Tentu sangat mudah dan bisa langsung menyimak penjelasaan di bawah ini.

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel masing-masing. Pilih opsi akun di bagian pojok kanan tampilan aplikasi Google Maps. Jika sudah langsung saja pilih opsi pilihan berbagi lokasi.
  • Pilih mulai berbagi agar lokasi muncul. Di sini pengguna juga bisa mengatur lamanya durasi dari lokasi yang akan dibagikan. Jika sudah melakukan setting durasi maka langsung saja pilih berbagi melalui WhatsApp dan pilih kontak yang akan dikirimkan.
  • Dengan begitu informasi lokasi yang ingin diketahui akan muncul. Caranya hampir sama dengan live location namun langkah awalnya langsung dari Google Maps.

Dengan begini maka cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di hp bisa dilakukan dengan mudah. Bagi yang sering berbagi lokasi atau kepo dengan lokasi orang lain bisa menggunakan cara ini.

Manfaat Melacak Lokasi

Dibalik cara berbagai lokasi lewat WhatsApp di hp tentunya ada manfaat yang cukup besar. Mungkin manfaat ini yang kurang dimengerti dan dilewatkan oleh banyak orang. Jangan terlalu ragu untuk membagikan lokasi atau melacak lokasi seseorang karena ada manfaat yang bisa didapatkan.

1. Memberikan Kabar

Memberikan Kabar

Manfaat yang pertama adalah untuk memberikan kabar keberadaan kepada orang lain terutama bagi mereka yang perlu mendapatkan kabar tersebut. Dengan mengetahui lokasi seseorang maka hal itu bisa jadi acuan bahwa orang tersebut baik-baik saja dan berada di tempat yang semestinya.

Jangan khawatir karena lokasi yang dikirim atau diterima diamankan dengan sistem end-to-end. Artinya hanya orang yang dikirim atau yang menerima saja yang bisa tahu lokasi. Tentunya demi keamanan maka seseorang membagikan lokasi kepada orang lain.

2. Melacak Orang Asing

Melacak Orang Asing

Jika seseorang pernah di chat atau bahkan diteror oleh orang asing yang tidak dikenal lewat WhatsApp maka bisa saja dilacak. Itulah salah satu manfaat dari melacak melakui WhatsApp di hp. Tentunya dengan tahu lokasi orang yang mengganggu bisa saja terungkap identitas orangnya.

Baca juga: Foto Profil WhatsApp Couple

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di hp merupakan satu dari banyaknya fitur WhatsApp. Semakin kemari WA sebagai platform komunikasi semakin memberikan pelayanan yang mumpuni. Patut ditunggu fitur apakah yang akan diberikan oleh WhatsApp kedepannya

Leave a Comment