Apa Itu FYP TikTok

Pengguna aplikasi TikTok pasti sudah sangat familiar dengan istilah FYP. Namun, kalau kamu adalah pengguna baru yang masih dalam tahap belajar menggunakan TikTok, tentu bingung. Lantas, sebenarnya apa itu FYP TikTok, bagaimana cara kerja, dan apa keuntungannya bagi TikTokers?

FYP aka For Your Page merupakan salah satu fitur andalan TikTok yang berisi sekumpulan video pendek dengan durasi 15 detik hingga maksimal 3 menit. Video tersebut akan ditampilkan pada timeline TikTok. FYP juga bisa disebut sebagai laman beranda (home page) dari TikTok.

Melalui FYP, para pengguna TikTok mempunyai peluang besar untuk memperluas jangkauan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan, apalagi kalau tujuan kamu bermain TikTok adalah untuk meningkatkan popularitas. Pastinya FYP ini wajib untuk kamu pelajari dan terapkan.

Apa Itu FYP TikTok?

Apa Itu FYP TikTok

Seperti telah disebutkan, bahwa FYP (For Your Page) adalah home page dari platform sosial media TikTok. FYP berisikan short video yang berasal dari random user, teman (followers), maupun orang yang kamu ikuti (following). Dengan kata lain, laman tersebut terdiri atas banyak video.

Sebagaimana kolom Explore pada Instagram, video TikTok yang ada di FYP juga diurutkan sesuai preferensi masing-masing pengguna. Hal ini tentu senada dengan apa yang ditulis TikTok melalui situs resminya, bunyinya adalah sebagai berikut;

“Tujuan kami (TikTok) adalah menyajikan rekomendasi video yang relevan bagi pengguna serta membantu menemukan konten dan kreator yang dapat menginspirasi mereka.”

Bagaimana Cara Kerja FYP?

Dalam memilih konten video yang kira-kira akan disukai oleh pengguna TikTok, algoritma platform ini mengacu pada 3 kategori utama, yaitu:

Interaksi

Interaksi

Aktivitas dari pemilik akun mengenai konten apa yang disukai, jenis video yang sering dibagikan, siapa saja akun yang diikuti, komentar yang diberikan, dan konten yang di upload.

 

Informasi

Informasi

Kategori ini meliputi keterangan, seperti suara, caption, dan hastag atau tagar yang digunakan.

 

Pengaturan Akun

Pengaturan Akun

Kedua kategori diatas akan digabungkan kemudian disesuaikan dengan pengaturan ponsel dan akun pengguna TikTok. Misalnya, negara, preferensi bahasa, dan jenis perangkat.

Selanjutnya, algoritma TikTok akan bekerja dan menyuguhkan konten di laman FYP sesuai informasi yang diperoleh dari masing-masing pengguna.

Di laman resminya, TikTok juga menjelaskan, “Indikator minat, seperti ‘apakah pengguna itu akan menonton video dari awal hingga akhir?’ tentu akan menerima bobot yang lebih besar daripada indikator pengguna yang menunjukkan lebih menyukai video berdurasi singkat.”

Dengan kata lain, semakin interaksi serta semakin banyak jumlah pengguna TikTok lain yang kamu follow atau ikuti, maka semakin akurat pula hasil penilaian dari algoritma TikTok mengenai preferensi kamu. Jadi, kamu akan menemukan konten sesuai preferensi pada FYP.

Namun, untuk memberikan kebebasan pada pengguna, TikTok juga menghadirkan opsi “Not Interested” atau hide konten tertentu yang tidak disukai sehingga tidak ditampilkan lagi di kemudian hari. Partisipasi kamu juga akan membantu algoritma TikTok untuk menentukan sajian konten video.

Menurut pihak TikTok, video yang muncul di FYP bukan semata-mata berdasarkan pada konten populer atau viral. Akan tetapi, lebih pada hal-hal yang diminati pengguna. Jadi, disesuaikan informasi aktivitas kamu ketika berselancar di TikTok.

Oleh sebab itulah, konten video TikTok yang muncul pada FYP kamu lebih relevan dan sesuai dengan minat serta ketertarikan. Jadi, jangan heran apabila konten yang terdapat pada FYP kamu berbeda dengan pengguna TikTok lain. Untuk lebih jelas, kamu bisa bedakan dengan FYP teman.

Ingin Konten Video Kamu Populer di TikTok? Kamu Wajib Catat Jadwal FYP Ini!

Ingin Konten Video Kamu Populer di TikTok Kamu Wajib Catat Jadwal FYP Ini

Setelah mengetahui apa itu FYP TikTok dan bagaimana cara kerjanya, para konten kreator TikTok juga wajib tahu kapan jadwal For Your Page di TikTok. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa salah satu tujuan mengunggah video di TikTok adalah untuk up konten melalui FYP.

Seperti diketahui, bahwa semua kreator TikTok, tanpa terkecuali memiliki kesempatan sama dalam menggunakan FYP. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa membuat video agar muncul di FYP nyatanya tidak semudah upload konten. Kamu harus paham bagaimana triknya.

Dalam hal ini, Influencer Marketing Hub akan melakukan riset di jadwal FYP TikTok. Setidaknya, ada 100 ribu unggahan video TikTok yang akan dianalisis untuk mengidentifikasi waktu terbaik FYP.

Di bawah ini adalah jadwal FYP TikTok yang bisa kamu jadikan bahan referensi:

HARI PERKIRAAN WAKTU
Senin 09.00 WIB 17.00 WIB 21.00 WIB
Selasa 13.00 WIB 15.00 WIB 20.00 WIB
Rabu 18.00 WIB 19.00 WIB 22.00 WIB
Kamis 06.00 WIB 20.00 WIB 23.00 WIB
Jumat 16.00 WIB 24.00 WIB 02.00 WIB
Sabtu 06.00 WIB 07.00 WIB 22.00 WIB
Minggu 03.00 WIB 18.00 WIB 19.00 WIB

Kalau kamu perhatikan dengan seksama, maka bisa diambil sebuah kesimpulan, bahwa potensi supaya video FYP berada di jam-jam santai, dan bukan pada jam sibuk. Misalnya, pada jam istirahat, jam pulang kerja, dan jam 22.00 WIB – 23.00 WIB yang merupakan waktu istirahat.

Sementara itu, di hari Minggu yang merupakan weekend (hari libur). Sudah jelas kalau kesempatan mendapatkan banyak penonton (audience) akan meningkat drastis.

Hal Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Video Ingin FYP

Hal Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Video Ingin FYP

Kamu ingin konten video buatanmu bisa FYP? Selain mengunggah konten di jam yang sesuai, kamu juga harus memperhatikan kualitas video yang dibuat. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat konten sukses di FYP? Di bawah ini adalah jawabannya:

  • Manfaatkan lagu viral atau sedang trend di TikTok. Ini akan membuat algoritma TikTok merekomendasikan konten kamu pada orang-orang yang mempunyai selera musik sama.
  • Gunakan hastag populer yang sesuai dengan isi konten video. Hastag atau tagar berpotensi membuat konten video kamu masuk FYP dan ditonton banyak pengguna lain.
  • Sajikan konten yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, maupun konten dengan mengusung tema unik (out of the box).
  • Menentukan tema prioritas akun TikTok kamu. Contohnya, fokus pada memposting hal-hal seputar keuangan, kecantikan, hobi, karir, dan sebagainya.
  • Buatlah konten yang mampu meningkatkan engagement, atau hubungan antara content creator dengan para followers. Ini bisa menjadi media interaksi dengan pengikut kamu.
  • Konsisten dan rajin membuat serta mengunggah konten, setidaknya 3 kali dalam seminggu. Usahakan konten video juga mengangkat konsep atau tema yang saling berkaitan.
  • Pertimbangkan untuk duet atau berkolaborasi dengan TikTokers lain, baik dalam bentuk duet video maupun challenger. Konten kolaborasi cukup ampuh meningkatkan exposure video.
  • Mengikuti challenge dan trend yang populer di TikTok dapat meningkatkan traffic serta followers TikTok. Untuk challenge ini, bisa kamu lihat di menu “Discover”.
  • Kamu bisa mengikuti atau follow akun-akun centang yang sudah diverifikasi oleh TikTok. Kalau konten kamu berkualitas, maka ada peluang akun kamu akan di follow back.

Memahami apa itu FYP TikTok bukanlah jaminan kalau konten video kamu akan masuk ke For Your Page. Pasalnya, untuk bersaing dengan kreator lain memperebutkan posisi di FYP, kamu bukan hanya harus mampu membuat konten berkualitas, namun juga perlu memperhatikan faktor lain.

Leave a Comment